Monday 20 June 2011

0
BELAJAR SEHAT TANPA NARKOBA
Bismilahhirrohmannirohim
Assalamualikum Wr. Wb.

Apa Itu NARKOBA ??

         Narkoba adalah istilah yang digunakan oleh penegak hukum dan masyarakat untuk barang/bahan yang berbahaya. Yang dimaksud dengan bahan berbahaya adalah bahan yang tidak aman digunakan atau membahayakan bagi penggunanya dan bertentangan dengan hukum atau melanggar hukum (ilegal).

      Kata Narkoba sudah tidak asing lagi bagi para Pelajar, Penyebab yang dominan bagi para pelajar yang ketagihan dengan NARKOBA yaitu pergaulan dengan siapa mereka bergaul dan dimana mereka bergaul itu yang merubah pola fikir dan hidup mereka, Selain dari pada pergaulan penyebab lainnya yaitu kondisi suasana rumah yang buruk dapat pula menjadi penyebab penyimpangan tersebut.
    Remaja sekarang selalu bilang NARKOBA, ALKOHOL (MIRAS), EKSTASI, HEROIN itu asyik buat di bawa enjoy bahkan bisa untuk menghilangkan masalah yang ada karena dapat memberikan efek dan sensasi yang tiada tanding atau dalam bahasa Remaja PURWAKARTA sering di sebut dengan kata FLY (nge-Fly) yang berarti jati diri mereka seperti terbang melayang bagai kapas yang tak bermassa. Hal itu biasa dilakukan oleh para Pelajar yang sedang mengalami Depresi, Patah Hati, Kesal, Marah, dalam menghadapi kenyataan hidup, Pelarian dari kekesalan mereka tak akan jauh dari minum-minuman keras dan mengkonsumsi Narkoba agar semua beban dan penat yang ada di pikiran mereka hilang seketika, tapi sayang rasa senang itu hanya sesaat esok ataupun minggu depannya mereka akan selalu mengalami hal yang sama, sebenarnya hal ini tak harus di lakukan masih banyak hal yang bisa kita lakukan tanpa harus mengkonsumsi obat-obatan, minum-minuman keras bahkan sampai ke NARKOBA. Menghilangkan masalah dengan cara seperti itu hanyalah persepsi bagi mereka yang hanya berpikir pendek. Seperti Lagu Rocket Rockers "HIDUP INI FILM TERBAIK" dan Peribahasa mengatakan "dunia ini tak selebar daun KELOR " maksudnya masih ada hal yang lain yang lebih bermakna dan lebih bermanfaat untuk dilakukan dalam mengisi hidup ketimbang harus menyerah pada keadaan dan menyia-nyiakan hidup pada NARKOBA yang tidak lain dan tidak bukan adalah pembunuh masa depan. 
 
Biasakan Melakukan hal Positif dalam menghilangkan kejenuhan dalam Belajar.

        Di zaman sekarang yang tiap tahunnya mengalami perubahan gaya era Globalisasi, serta majunya teknik komunikasi  tentu sangat berpengaruh bagi para Remaja yang sedang tumbuh dalam masa pendewasaan, khusunya para pelajar SMA. Motivasi belajar semakin berkurang, semangat untuk belajarpun kian menurun, bahkan Narkoba bisa menurunkan kinerja pola pikir sel otak yang mengakibatkan adanya pola pikir yang pendek.
     Kita sebagai pelajar tentunya mempunyai pola pikir yang panjang, maka dari itu kuatkan tekad kita, jangan pernah sia-siakan yang namanya pendidikan, banyak teman yang menurut kita IQ-nya tinggi, mereka bisa karena mereka punya tekad, punya tujuan, apa kita bisa seperti merka ??? tentu bisa, caranya, lihat pola belajar mereka, yang paling utama sering-seringlah bergaul dengan Buku Pelajaran, jangan takut jangan benci dengan yang namanya buku, jangan meluangkan kejenuhan dengan hal yang menyimpang misal : Ngerokok, minum-minuman keras, mengkonsumsi narkoba.
Ada banyak hal untuk menghilangkan kejenuhan itu. contoh jika kita senang olahraga, luangkan kejenuhan itu dengan kita berolahraga, meluangkannya dengan bermain musik, bahkan jika kita kreatif kita luangkan rasa jenuh itu dengan membuat suatu exsperimen, atau membuat sesuatu yang baru untuk kita coba. 
    
Reduce , Reuse dan Recycle
Penanggulangan bagi mereka yang ingin Bangkit kembali.
      Kedengarannya seperti sampah saja, tapi memang kenyataanya harus seperti itu. Mereka yang telah terjerumus kepada lubang hitam atau dengan kata lain dunia dunia kelam harus kita benahi baik dari segi tiga segi empat segi moral maupum mental. karena tanpa dukungan dari kita semua selaku masyarakat, semangat mereka tidak akan tumbuh untuk bangkit ke arah yang lebih baik, yang ditakutkan jika mereka para pecandu tidak diperhatikan dipandang sebelah mata mereka pasti merasa terkucilkan dan tidak akan mempunyai keinginan untuk bangkit kembali. 

       Untuk mereka yang ingin bangkit dan hidup berguna bagi orang tua khususnya masyarakat pada umumnya. Ada beberapa cara yang mungkin kedengaranya sepele namun jika kita lakukan dengan sepenuh hati niscaya kita bisa karena kita berusaha. 

Berikut beberapa cara yang mungkin bisa di jadikan acuan :
  1. Menjaga komunikasi dan mendengarkan isi hati mereka, kita selaku teman atau apapun harus lebih bisa menigkatkan komunikasi dengan mereka, karena jika komunikasi ini terputus kita tidak akan bisa secara langsung memberi support agar mereka bisa menjadi lebih baik .
  2. Ajak mereka bergaul , bergaul disini kearah yang lebih positif agar mereka bisa terbiasa dengan hal-hal yang baik .
  3. Perhatian dari Orang tua, orang tua selaku keluarga terdekat harus bisa menyayangi dan memperhatikan karena sebagian besar para pecandu Narkoba adalah mereka yang jauh serta kurang dari kasih sayang orang tua terlebih lagi pelajar.
  4. Pendekatan kepada Tuhan YME, cara apapun yang kita ambil tidak akan berjalan sempurna tanpa kehendak tuhan sesungguhnya tidak ada kata lain selain taubat.
"Tidak ada kata terlambat untuk menjadi lebih baik dan lebih baik terlambat dari pada tidak sama sekali "

      Jika kita igin bangkit tumbuhkan rasa optimisme bahwa kita bisa, Raihlah masa depan mu, bahagiakanlah orang tua mu, jadilah PELAJAR yang bisa menjadi Motivasi bagi rekan-rekan mu, kita bisa karena kita ingin berusaha, kesuksesan kita ada di tangan kita, keterpurukan nasib kita ada di masa lalu, masa lalu bukan untuk kita hancurkan, tapi masa lalu adalah guru yang paling bijak untuk kita,
Mulai skarang tingkatkan Motivasi belajar, tuntutlah ilmu sampai ke liang lahat, sampai kapanpun yang namanya ilmu tidak akan ada habisnya, Belajar Tanpa Narkoba, Hidup Akan Berguna. Jauhi narkoba, tingakatkan iman dan taqwa demi teman, saudara, orang tua, Negara, dan Agama.

Wassalamualaikum Wr.Wb


0 comments: